Android untuk pemula: Tip dan trik untuk smartphone baru Anda

Jika Anda sedang memegang smartphone Android baru Anda yang mengkilap dan bertanya-tanya bagaimana cara memanfaatkannya secara maksimal, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Apakah ini ponsel cerdas pertama Anda, Anda baru saja beralih dari iPhone, atau Anda memiliki sejumlah handset Android, kami telah mengumpulkan beberapa tip dan trik Android terbaik untuk membantu Anda memaksimalkan ponsel baru Anda. telepon.

Ada berbagai versi perangkat lunak, ada banyak skin pabrikan berbeda yang dilapisi di atas inti Android itu, seperti yang dari Samsung, Oppo atau OnePlus, dan ada tingkat penyesuaian tanpa batas yang dapat Anda terapkan dari Google Play, atau sumber pihak ketiga lainnya.

Beberapa perangkat Android serupa, tetapi semua perangkat Android memiliki dasar yang sama. Jadi, mulai dari awal, inilah cara menguasai ponsel Android Anda.

Urutkan akun Google Anda

Android dan Google seperti kacang polong. Untuk menggunakan Android, Anda harus menggunakan akun Google. Itu berarti semua yang menyertainya – Gmail, kalender, kontak, YouTube, Google Maps, dan lainnya.

Menertibkan akun adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan dari PC sebelum masuk ke perangkat baru, memungkinkan Anda menggunakan layar lebar dan keyboard untuk meluruskan semuanya.

Google menggabungkan sistem kontak yang bersembunyi di dalam Gmail di browser desktop Anda. Jika Anda memiliki banyak kontak, impor ke kontak Google dan kelola di sana. Mengelolanya di komputer membuatnya jauh lebih cepat untuk memperbaiki semuanya sebelum Anda memulai.

Jika Anda memiliki kontak dalam bentuk lain, ada cara mudah untuk mengimpornya ke Google, serta memindai duplikat dan sebagainya. Saat kehidupan Android Anda berkembang, ada baiknya Anda kembali ke daftar kontak Google inti Anda untuk memeriksa apakah semuanya masih bagus dan rapi.

Jika Anda berpikir untuk menyimpan kontak ke kartu SIM dan memindahkannya, itu tidak sepadan dengan usaha: lebih baik menemukan perangkat lunak untuk mengimpornya dari ponsel lama Anda ke PC Anda, untuk kemudian memasukkannya ke Google. Ini akan membuat hidup Anda lebih mudah di masa depan, untuk informasi-informasi teknologi menarik lainnya Anda dapat menemukannya di Berita Teknologi Terupdate.

Alat transfer master, atau gunakan saja Google

Banyak produsen menawarkan alat transfer untuk membantu Anda memindahkan konten lama ke tempat baru. Bagi banyak orang, ini adalah salah satu opsi saat Anda menyiapkan perangkat untuk pertama kali. Android memiliki opsi untuk memulihkan cadangan sebelumnya, atau menyiapkan perangkat dari awal, serta menawarkan Anda kesempatan untuk mentransfer data secara nirkabel untuk menyiapkan hal-hal seperti akun dan setelan Anda.

Secara umum, jika Anda pernah menggunakan Android sebelumnya, item yang terkait dengan akun Anda akan berpindah tanpa hambatan. Pastikan Anda mencadangkan ponsel lama Anda sebelum memulai proses – ini harus menyertakan semua panggilan dan pesan SMS Anda, tetapi aplikasi perpesanan lain – seperti WhatsApp – harus disiapkan secara terpisah, menggunakan proses pencadangannya sendiri.

Mentransfer foto dan video

Untuk hal-hal seperti foto, Anda mungkin ingin memindahkannya ke layanan cloud jika ingin menyimpannya. Ini memiliki keuntungan tambahan sebagai cadangan jika Anda kehilangan ponsel.

Foto Google  adalah pilihan yang jelas bagi pengguna Android, karena terkait dengan akun Anda. Anda hanya perlu menginstal aplikasi dan masuk jika belum ada di perangkat Anda. Buka menu ke pengaturan> cadangan & sinkronisasi dan Anda akan menemukan semua opsi untuk membuat cadangan foto. Sebaiknya aktifkan cadangan setiap saat, sehingga foto Anda selalu ada, bahkan jika Anda kehilangan ponsel.

Anda juga dapat menginstal Foto Google di iPhone , sekali lagi menyediakan cara untuk mem-backup foto di perangkat iOS Anda. Ini akan segera mencadangkan foto lokal, tetapi jika Anda telah menggunakan iPhone selama beberapa waktu, Anda mungkin harus mengunduh foto dari iCloud – yang mungkin harus menggunakan PC dan perangkat lunak tambahan.

Opsi lain untuk foto adalah OneDrive dari Microsoft atau Dropbox, karena keduanya menawarkan opsi cadangan foto dan dapat diakses secara luas di seluruh platform.

Anda juga dapat menyimpan ke kartu microSD dan memindahkannya, jika Anda memiliki perangkat keras untuk mendukungnya – tetapi sekali lagi, pindah ke cloud berarti Anda memiliki cadangan dari ponsel Anda dan Anda dapat mengakses foto melalui browser di PC Anda.

Matikan semua suara dan getaran itu

Ponsel baru suka berdengung, klik, dan berbunyi bip di setiap sentuhan. Untuk beberapa alasan, pabrikan berpikir bahwa Anda ingin selalu tahu bahwa Anda telah menyentuhnya dan semua hal ini dapat mengganggu dan bahkan dapat memperlambat ponsel.

Setelah Anda menyortir beberapa hal mendasar, jinakkan notifikasi dan getaran yang tidak diinginkan itu. Anda akan berterima kasih kepada kami dalam jangka panjang.

Pada ponsel Android standar (Pixel, Nokia, Moto), buka pengaturan > suara & getaran. Di sini Anda dapat mematikan penguncian layar, suara sentuh, dan getar saat diketuk.

Jika Anda ingin mengedit getaran keyboard, buka pengaturan> sistem> bahasa & input> keyboard di layar, lalu pilih keyboard dan buka preferensi dan Anda dapat mematikan hal-hal seperti getar saat tombol ditekan.

Sayangnya, pabrikan yang membuat skin mereka sendiri memindahkan hal-hal ini dan mengubah lokasi pengaturan ini, seperti halnya versi Android yang berbeda. Tapi pergilah ke bagian suara dan Anda akan melihat banyak pilihan.

Pilih Keyboard Android terbaik

Jika Anda memiliki ponsel dari pabrikan seperti Oppo, Xiaomi, Poco, Samsung atau banyak lainnya, Anda mungkin menemukan bahwa keyboard Anda tidak bagus. Di Android Anda dapat menggunakan keyboard apa pun yang Anda inginkan dan ada banyak di Google Play.

Namun, jika Anda hanya menginginkan kecepatan dan kesederhanaan maka Anda akan menemukan bahwa Gboard – Keyboard Google – sebenarnya adalah salah satu yang terbaik di luar sana. Ini adalah keyboard stok untuk Android, jadi sudah ada di banyak perangkat. Jika Anda belum mendapatkannya, maka itu adalah suatu keharusan.

Mengubah keyboard cukup sederhana. Dalam kebanyakan kasus, saat Anda mengunduh keyboard baru, cukup buka “buka” di Google Play atau ketuk notifikasi dan Anda akan memulai penyiapan.

Buang aplikasi sampah

Beberapa produsen akan menyertakan aplikasi di ponsel Anda yang tidak Anda inginkan atau butuhkan. Beberapa akan menjadi game yang sudah diinstal sebelumnya, beberapa layanan atau hal lain yang telah disetujui perusahaan untuk disertakan dengan ponsel mereka apakah Anda menginginkannya atau tidak – dan beberapa akan menjadi tempat pabrikan berpikir bahwa versi aplikasinya lebih baik daripada aplikasi stok Android. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah bloatware yang tidak diinginkan.

Anda akan sering dapat menghapus aplikasi ini selama penyiapan – atau memilih untuk tidak menginstalnya. Jika tidak, Anda mungkin harus menghapusnya secara manual dengan menekan lama ikon aplikasi di laci aplikasi dan memilih uninstall. Beberapa tidak dapat dihapus, dalam hal ini Anda mungkin ingin membuat folder untuk aplikasi sampah dan memindahkan semuanya ke sana sehingga Anda tidak melihatnya sepanjang waktu. 

Google menawarkan versi aplikasi Telepon dan Pesannya sendiri, yang mungkin ingin Anda instal alih-alih yang ditawarkan oleh pabrikan. Setelah Anda membukanya, Anda akan diminta untuk menjadikannya default.

Apa browser Android terbaik?

Ada banyak browser yang tersedia untuk Android, dengan masing-masing menawarkan berbagai opsi berbeda. Browser stok adalah Chrome dan itu adalah browser Android terbaik bagi banyak orang, karena disinkronkan dengan Chrome di desktop dan memberikan akses mudah ke riwayat Google Anda untuk pengalaman yang lancar.

Namun, saat Anda melihat perangkat baru, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki browser lain, kemungkinan besar yang telah diotak-atik oleh produsen perangkat. Lebih sering daripada tidak, Anda dapat mengabaikannya dan langsung membuka Chrome. Jika Anda memasang lebih dari satu browser, telepon akan menanyakan browser mana yang akan dibuka hingga Anda memilih browser default. Seringkali Anda hanya perlu mengetuk pesan yang muncul dan selesai.

Dapatkan pengaturan Anda lebih cepat

Menggesek ke bawah bilah notifikasi akan memberi Anda akses ke pintasan untuk berbagai matikan perangkat keras. Di sinilah Anda dapat mematikan hal-hal seperti Bluetooth atau Wi-Fi dengan cepat dan mudah. Banyak pabrikan mengedit area ini, jadi perangkat Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Pixel semuanya terlihat berbeda, tetapi semuanya bekerja dengan cara yang sama.

Geser ke bawah dengan dua jari dan itu akan membawa Anda langsung ke matikan itu, atau geser ke bawah dua kali untuk membuka semuanya.

Tip teratas di sini adalah menekan lama pengaturan cepat dan Anda akan masuk ke menu lengkap untuk area itu. Misalnya, jika Wi-Fi menyebabkan masalah bagi Anda, tekan lama ikon pengaturan cepat dan Anda akan masuk ke menu Wi-Fi lengkap.

Jika Anda ingin menuju ke menu pengaturan lengkap, ketuk roda gigi di area notifikasi saat Anda menggesek ke bawah, daripada mencoba menemukan opsi di baki aplikasi.

Data tidak berfungsi?

Ponsel cerdas adalah makhluk yang kompleks dan terkadang hal-hal berhenti berfungsi. Bilah mengatakan Anda memiliki penerimaan penuh, tetapi tidak ada yang bergerak, Anda tidak dapat memuat situs itu atau mengirim tweet itu.

Coba balikkan ponsel ke mode Pesawat/Pesawat dan kembali lagi. Ini akan memutuskan koneksi Anda dan membangunnya kembali, dan mudah-mudahan semuanya akan mulai bergerak lagi. Anda dapat masuk ke mode Pesawat melalui kotak pengaturan cepat yang disebutkan di atas.

Wi-Fi tidak berfungsi?

Sama seperti data seluler, terkadang Wi-Fi berkedip. Seringkali, hanya dengan membuka pengaturan cepat dan mematikan Wi-Fi lalu menyalakannya kembali, akan membuat koneksi kembali. Beberapa ponsel memiliki opsi untuk beralih ke seluler secara otomatis jika performa Wi-Fi buruk dan biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi jika hal itu terjadi, misalnya saat streaming film. 

Waspadai ponsel yang menempel pada jaringan Wi-Fi yang lemah. Terkadang ketika Anda meninggalkan rumah, misalnya, Anda masih terhubung ke jaringan itu yang akan menjelaskan mengapa hal-hal menjadi lambat saat Anda berjalan di jalan.

Sesuaikan beranda Android Anda

Beranda berada di depan antrean dalam hal penyesuaian. Ponsel baru Anda mungkin akan hadir dengan serangkaian pintasan dan widget yang tersebar di beberapa halaman.

Jika Anda tidak menginginkannya, hapus dengan menekan lama dan seret ke tempat sampah. Anda juga biasanya dapat menghapus halaman tempat mereka duduk: tidak perlu memiliki tujuh halaman beranda jika semuanya kosong.

Versi Android yang berbeda dan pabrikan yang berbeda memiliki pendekatan yang sedikit berbeda untuk penyesuaian beranda. Biasanya menekan lama pada wallpaper latar belakang, atau mencubit latar belakang akan membantu Anda memulai, tetapi ini berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Jika Anda kesulitan mendapatkan saran wallpaper, cobalah aplikasi Wallpaper Android, atau telusuri galeri wallpaper kami yang dapat Anda gunakan.

Peluncur Android apa yang harus saya gunakan?

Jika Anda baru mengenal Android, istilah launcher mungkin membingungkan. Peluncur pada dasarnya adalah halaman beranda dan baki aplikasi. Ini adalah rumah ponsel Anda.

Perangkat Anda akan dilengkapi dengan peluncur, milik pabrikan. Jika Anda tidak menyukainya dan menginginkan tampilan berbeda pada ponsel Anda, sangat mudah untuk beralih ke alternatif dan ada banyak hal di Google Play. 

Saat Anda menginstal peluncur baru, yang asli tetap ada di ponsel sehingga Anda tidak kehilangannya, Anda hanya memberi tahu ponsel untuk menggunakan peluncur yang berbeda, artinya Anda dapat menghindari tampilan Samsung One UI jika tidak. Saya tidak menyukainya, misalnya, dan memiliki sesuatu yang sedikit lebih unik.

Jika Anda menginginkan lebih banyak kontrol dan penyesuaian – serta kemampuan untuk meniru beberapa fitur terbaru dari beberapa ponsel Android teratas – maka ada beberapa peluncur yang mampu seperti Nova Launcher. Pilihannya hampir tidak terbatas.

Bagaimana cara mengambil tangkapan layar Android?

Cukup tahan standby dan volume turun secara bersamaan dan Anda akan mendapatkan tangkapan layar dari apa pun yang Anda lihat. Namun, tidak semuanya bisa ditangkap. Beberapa konten yang dilindungi, seperti pemutaran video di beberapa aplikasi, tidak akan muncul di screenshot Anda.

Tangkapan layar disimpan di galeri di foldernya sendiri, tetapi jika Anda ingin berbagi, Anda dapat melakukannya langsung dari notifikasi atau di papan klip mengambang yang muncul di layar.

Ada beberapa variasi pada kombinasi penekanan tombol ini sekarang. Samsung dulu menggunakan volume turun dan tombol home, tapi sekarang menggunakan kombinasi yang sama seperti yang lainnya.

Gunakan folder Android

Folder adalah cara terbaik untuk mengatur aplikasi Anda di beranda. Agar lebih hemat, Anda juga bisa menempatkan folder pada bilah pintasan di bagian bawah layar.

Ini berarti Anda dapat memiliki banyak aplikasi inti untuk digunakan tanpa mengacaukan halaman beranda Anda, sehingga wallpaper cantik kucing Anda tetap terlihat.

Untuk membuat folder, cukup seret satu pintasan aplikasi ke yang lain dan folder akan dibuat secara otomatis.

Beberapa perangkat juga memungkinkan Anda membuat folder di baki aplikasi (menu) yang merupakan cara terbaik untuk mengatur semua yang ada di sana dan mempermudah menemukan aplikasi Anda. Yang mengatakan, jika Anda telah melakukan pekerjaan yang baik dengan folder di halaman rumah Anda, Anda akan jarang menggunakan baki aplikasi utama.

Kartu SD atau tidak?

Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki slot kartu microSD pada perangkat Anda, Anda harus membeli kartu tercepat yang Anda bisa untuk memastikan bahwa Anda tidak memperlambat ponsel saat mengakses data yang Anda miliki di dalamnya. Untungnya microSD murah dan berlimpah melalui pengecer seperti Amazon.

Kartu Memori microSDXC SanDisk Ultra 128 GB + Adaptor SD dengan Performa Aplikasi A1 Hingga 120 MB/dtk, Kelas 10, U1, Merah/Abu-abu, penawaran SDSQUA4-128G-GN6MA.

Kami memeriksa 1.000-an harga pada 1.000-an pengecer untuk memberi Anda harga baru terendah yang dapat kami temukan. Pocket-lint mungkin mendapat komisi dari penawaran ini.

Memindahkan file ke dan dari ponsel Anda

Android hebat karena memberi Anda begitu banyak fleksibilitas untuk membawa dan menggunakan semua jenis file. Merangkul cloud lebih disukai daripada menggunakan kabel dan Anda memiliki banyak opsi untuk mendapatkan akses ke PDF tersebut atau apa pun yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan Google Drive untuk memindahkan file dengan mudah dan kemudian dapat mengaksesnya melalui browser apa pun, atau di perangkat Android apa pun, atau dengan aplikasi di tempat lain.

Aplikasi Google memungkinkan Anda mengeditnya dengan mudah dan ada aplikasi gratis untuk hal-hal seperti Docs dan Sheets, ideal untuk mengerjakan dokumen Anda saat bepergian. Alternatifnya, Microsoft menawarkan aplikasi Office gratis untuk Android, meskipun beberapa fitur hanya tersedia untuk pelanggan Office 365. Ini bekerja bersekongkol dengan OneDrive, sekali lagi, sehingga Anda dapat memiliki akses tanpa batas ke file penting Anda di seluruh perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *